Rifna Dwi Stefani Menarik Minat Belajar Siswa dengan Barcode Quizizz

Rifna Dwi Stefani, S.Pd mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) UAD saat ini sedang menjalani kegiatan PPL 1 di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Kegiatan PPL, Rifna melaksanakan praktik pembelajaran terbimbing. Praktik pembelajaran ini Dosen Pembimbing Lapangan dan Guru Pamong akan mendampingi di kelas. Pada praktik pembelajaran terbimbing ini Rifna memanfaatkan teknologi pembelajara. Hal ini mengimplementasi materi yang telah didapatkan di kelas pada mata kuliah Teknologi Pembelajaran dan Pengajaran. Pemanfaatan Barcode Quizizz Mode Kertas menjadi pilihan Rifna dalam pelaksanaan praktik mengajar. Pemilihan media ini agar pembelajaran menjadi inovatif dan mudah digunakan. Penggunaan fitur barcode mode kertas memudahkan siswa bergabung ke kuis tanpa gawai dan kendala internet.

Rifna mengajar materi karya ilmiah kelas 11 KD 3.14. Tujuan pembelajaran ini adalah mengembangkan pemahaman siswa tentang karya ilmiah. “Pemahaman yang baik materi karya ilmiah, siswa akan memiliki kemampuan dalam menerapkan konsep-konsep karya ilmiah serta dapat mengimplementasikan,” ujar Rifna. Lebih lanjut Rifna menyampaikan penggunaan barcode Quizizz, siswa dapat berpartisipasi dalam kuis interaktif yang dirancang untuk menguji pengetahuan siswa tentang karya ilmiah.

Teknis pelaksanaan pembelajaran, Rifna menyusun pertanyaan kuis yang relevan dengan materi pelajaran. Pertanyaan yang disusun dipastikan menantang dan dapat menguji pemahaman siswa. Selanjutnya penggunaan fitur barcode yang tersedia pada platform Quizizz untuk menghasilkan kertas barcode yang berbeda-beda dan dibagikan ke setiap siswa.

Siswa akan mendapatkan kertas barcode Quizizz sesuai nomer urut. Rifna menayangkan pertanyaan di layar proyektor dan siswa menjawab A, B, C, atau D menggunakan kertas barcode Quizizz. Jawaban siswa dalam bentuk barcode Quizizz akan dipindai menggunakan gawai oleh Rifna dan secara real time terlihat skor dan umpan balik di layar proyektor. Informasi ini untuk mengevaluasi pemahaman siswa dan memberikan umpan balik. Hasil evaluasi untuk melihat kemajuan individu siswa dan dipergunakan mengidentifikasi materi yang perlu diperdalam.

“Saya merasakan penggunaan Barcode Quizizz Mode Kertas dalam praktik mengajar menjadi sangat efektif. Ketelibatan siswa dalam pembelajaran meningkatkan dan antusias aktif dalam menjawab pertanyaan,” terang Rifna.

Kontributor : Rifna Dwi Stefani, S.Pd.
(Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang II Tahun 2023 Bidang Bahasa Indonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published.