Adopsi teknologi baru dalam pembelajaran perlu dilakukan oleh pendidik, agar tidak ketinggalan dengan perkembangan yang ada. Hal ini disampaikan Prof. Drs. Herman Dwi Surjono, M.Sc., MT., Ph.D. dari Univeritas Negeri Yogyakarta pada Kuliah Umum Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan secara online melalui platform Zoom Meeting diikuti dosen pengampu mata kuliah Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran serta 507 mahasiswa Prodi PPG pada hari Sabtu (04/03/2023). Ade Lella Wahyuning Firdaussi mahasiswa Prodi PPG bidang Bahasa Indonesia sebagai pembawa acara dan dimoderatori oleh Dr. M. Ardi Kurniawan, S.S., M.A.
Dikatakan Dr. Trikinasih Handayani dalam sambutannya, kuliah umum ini sesuai dengan arahan Ditjen GTK Kemdikbudistek bahawa kuliah PPG menghadirkan pakar. Oleh karena itu, pada mata kuliah Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran menghadirkan pakar teknologi pendidikan Prof. Drs. Herman Dwi Surjono, M.Sc., MT., Ph.D. dari UNY. Harapan dengan meghadirkan pakar adalah terjadi konektivitas materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
Mengawali materi Herman mengatakan indikasi menggunakan teknologi baru salah satunya penggunaan QR Code sebagai bentuk identitas baru dan sosmed sebagai fenomena kemajuan baru. Diperlukan pelatihan atau refreshing penggunaan teknologi pembelajaran bagi pendidik agar dapat menggunakan teknologi untuk online learning maupun media pembelajaran. Penguasaan kompetensi literasi digital wajib dimiliki pendidik di abad ke-21.
“Mewujudkan kompetensi literasi digital tidak muluk-muluk,”ungkap Herman. Sebagai calon guru atau guru memiliki litarasi digital dapat menggunakan TIK dengan cara 1). untuk mencari, mencari informasi di internet; 2). Mengevaluasi yaitu mengevaluasi materi yang benar dari pencarian di internet; 3). Membuat yaitu membuat digital learning sendiri; dan 4). Mengkomunikasikan yaitu menerapkan materi pembelajaan digital untuk dipergunakan di kelas.
Herman menegaskan bahwa materi pembelajaran digital yang baik yang dibuat Guru untuk siswa adalah reliable. Materi tersebut harus dapat diakses siswa kapanpun, walaupun sudah selesai waktu pembelajarannya.
Kesimpulan materi yang dipaparkan adalah 1) perkembangan teknologi baru menuntut peserta didik menguasai keterampilan abad 21; 2) pembelajaran dapat dioptimalkan melalui penggunaan teknologi baru; 3) penggunaan teknologi baru dalam pembelajaran e-learning dan media pembelajaran digital.
Materi Kuliah Umum Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran unduh DISINI
info artikel terkait pentingnya adopsi teknologi baru untuk pembelajaran sungguh bermanfaat. Kami sangat mengapresiasi pengetahuan tentang berbagai teknologi yang dapat diaplikasikan, termasuk AR Reality. Teknologi ini memiliki potensi besar untuk menciptakan pengalaman visual dan interaktif yang sangat inovatif.