Opi Hanidian, S.Pd. : Pembelajaran Berdeferensiasi sebagai Solusi Keragaman Peserta Didik

Pembelajaran Berdeferensiasi sebagai Solusi Keragaman Peserta Didik artikel Opi Hanidian, S.Pd. mahasiswa PPG Prajabatan UAD Gelombang 1 T.A. 2022/2023 bidang PBSI terbit di media online koranbernas.id Ahad, 16 April 2023 .

Artikel ini mengulas pembelajaran berdeferensiasi sebagai usaha untuk mengakomodir penyesuaian proses dan pemenuhan kebutuhan pembelajaran setiap individu. Hal ini bertujuan agar peserta didik berkembang sesuai level dan kemampuannya. Sehingga dapat mendiagnosa hasil belajar peserta didik dan merancang pembelajaran sesuai minat, bakat dan karaketristik serta kompetensi peserta didik (teaching at the right level). Selanjutnya adalah menerapkan pembelajaran berdeferensiasi guna menyesuaikan proses pembelajaran di kelas. Penyesuaian tersebut berupa minat, profil pelajar Pancasila, kesiapan belajar peserta didik agar tercapai peningkatan hasil belajar siswa. Pembelajaran berdeferensiasi dapat dijadikan sebagai solusi untuk memfasilitasi pembelajaran dengan mempertimbangkan perbedaan karakakteristik peserta didik serta berpihak kepada peserta didik dengan mengutamakan kepentingan perkembangan peserta didik sebagai acuan utamanya

Artikel selengkapnya kunjungi https://www.koranbernas.id/pembelajaran-berdeferensiasi-sebagai-solusi-keragaman-peserta-didik#.ZDyfqd3GzBc.whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *