Menuju Wirausaha Sukses: Remaja Kalurahan Wirokerten Menggali Potensi dengan Kerajinan Buket

Mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Gelombang 2 Tahun 2023 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan Workshop Kewirausahaan bertema “Meningkatkan Kesadaran Berwirausaha Remaja Kalurahan Wirokerten Melalui Kerajinan Buket”. Kegiatan ini implementasi mata kuliah Projek Kepemimpinan. Produk-produk yang dihasilkan dari workshop akan dipamerkan pada saat Gelar Karya Projek Kepemimpinan PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023 Universitas Ahmad Dahlan.

Foto bersama panitia dan peserta Workshop Kewirausahaan bertema “Meningkatkan Kesadaran Berwirausaha Remaja Kalurahan Wirokerten Melalui Kerajinan Buket (Foto. Ryan Kurnia Romadhon)

Kegiatan Workshop ini bertempat di Balai Desa Kalurahan Wirokerten dan diikuti oleh 20 peserta dari Karang Taruna Kalurahan Wirokerten pada Minggu, 30 Juni 2024 mulai pukul 19.00-22.00 WIB. Workshop ini dipandu oleh Helvyn Angelika, S.E., CAP., owner florist Alkaflo.id merupakan lulusan S1 Akuntansi, saat ini sedang menempuh pendidikan S2 Manajemen. Helvyn memiliki Sertifikasi Digital Marketing hasil mengikuti pelatihan pada tahun 2024.

Helvyn memberikan wawasan mendalam potensi bisnis dalam industri kerajinan buket serta strategi pemasaran yang efektif. Secara aktif, peserta pelatihan diajak berkreasi dan mengembangkan kreativitas dalam merancang, memproduksi kerajinan buket bunga dan buket snack yang menarik.

“Workshop yang diadakan oleh mahasiswa PPG Prajabatan UAD ini sangat menarik, dan diharapkan anggota karang taruna yang hadir dapat menyerap ilmu yang diberikan agar nantinya dapat diimplementasikan di kehidupan dan bisa menjadi peluang usaha,” ujar Erwin Setyawan, Ketua Karang Taruna Kalurahan Wirokerten.

Harapan kegiatan ini memberikan motivasi dan pengetahuan praktis kepada Remaja Kalurahan Wirokerten untuk mengembangkan keterampilan berwirausaha, khususnya dalam bidang kerajinan tangan buket. Di masa mendatang dapat melahirkan generasi muda yang mandiri dan memiliki minat serta kemampuan untuk berinovasi dalam menciptakan produk-produk yang bernilai jual tinggi di masyarakat. Dengan demikian akan menciptakan generasi muda yang berwawasan luas dan siap bersaing di era global.

Kontributor : Ryan Kurnia Romadhon, Mahasiswa PPG Gel. 2 Tahu 2023 Bidang Bimbingan dan Konseling

Leave a Reply

Your email address will not be published.