Dalam rangka pengembangan diri dan peningkatan layanan administrasi di lingkungan kerja UAD, Biro Sumber Daya Manusia (SDM) UAD menyelenggarakan Pelatihan Service Excellent. Pelatihan diikuti 35 tenaga kependidikan bagian administrasi di Ruang Serbaguna UAD, Sabtu (04/02/2023).
Wakil Rektor Bidang SDM UAD Dr. Norma Sari, S.H., M.Hum, didampingi Kepala Biro SDM Dr. Hendro Widodo, M.Pd.I dan Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan Nur Arina Hidayati, M.Sc.serta Nur Ahmad Handriyanto, Kepala Urusan Pengembangan Pendidikan menyampaikan bahwa target pelatihan Service Excellent untuk semua tendik administrasi selesai sebelum perkuliah Semester Genap T.A. 2022/2023 dimulai.
Norma menyampaikan tantangan dunia akademik saat ini yaitu pemanfaatan teknologi dalam menunjang layanan akademik. Sehingga pekerjaan yang dulunya dikerjakan manusia saat ini dikerjakan oleh mesin. Namun ada satu hal yang tidak dapat dikerjakan oleh mesin yaitu touching personal. Keramahan dan kenyamanan pelayanan tidak dapat diwujudkan oleh mesin. Oleh karena itu, tendik sebagai supporting system layanan akademik perlu memiliki etos kerja service excellent. Tiga hal penting yang disampaikan Norma saat sambutan sekaligus membuka pelatihan yaitu 1). mengenali lingkungan dan situasi terkini; 2). melakukan evaluasi kinerja; dan 3). merencanakan dan melakukan adaptasi terhadap lingkungan kerja.
Hal yang sama disampaikan Hendo Widodo bahwa untuk meningkatan layanan akademik, sosial dan profesional diperlukan softskills. Salah satu mewujudkan softskills adalah Pelatihan Service Excellent untuk pengembangan diri meningkatkan pelayanan tendik.
Trainer pada pelatihan ini dari internal UAD yaitu Dosen Fakultas Psikologi Luqman Tifa Perwira S.Psi, M.Psi, Psikol, Dian Fithriwati Darusmin S.Psi., M.A., Psikol, dan Muhammad Nur Syuhada S.Psi, M.Psi, Psi. Kepiawaian ketiga trainer dalam penyampaian materi menjadikan pelatihan berjalan lancar dan peserta ikut aktif dan responsif di setiap sesi. Penggunaan game dan role playing menjadikan materi yang disampaikan dapat ditangkap dengan baik. Empat materi dipaparkan oleh pemateri 1). tujuan bekerja; 2) mengenal customer; 3) mengenali permasalahan dan solusi; 4) komunikasi empatik. Salah satu tendik adminsitrasi Program Studi Pendidikan Profesi Guru FKIP UAD Dikdo Harimawanto mengikuti pelatihan ini. Semoga pelatihan ini menjadi bekal berkhidmat dalamk memberikan pelayanan terbaik.