
Yogyakarta – Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar kegiatan Pelatihan Pengembangan Panduan Pembelajaran Mikro Reflektif Nyata, Virtual, dan Hybrid di Hotel Grand Rohan Yogyakarta, Sabtu (23/08/2025). Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta yang terdiri atas dosen dan laboran pendidikan, dengan menghadirkan Prof. Dr. Saliman, M.Pd. sebagai narasumber utama.
Dalam sambutannya, Kaprodi PPG UAD Prof. Dr. Trikinasih Handayani, M.Si menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari langkah strategis program studi dalam meningkatkan mutu pembelajaran sekaligus mempersiapkan diri menuju akreditasi unggul. Salah satu fokus utama adalah penyusunan dan penerapan panduan pembelajaran mikro reflektif yang adaptif terhadap kondisi pembelajaran nyata di lapangan maupun secara digital.
“Menuju akreditasi unggul tidak hanya membutuhkan dokumen, tetapi juga sistem pembelajaran yang reflektif dan kontekstual. Oleh karena itu, pembelajaran mikro harus dikembangkan dalam format nyata, virtual, dan hybrid,” ujar Kaprodi PPG UAD dalam sambutannya.
Sebagai narasumber, Prof. Dr. Saliman, M.Pd. menekankan pentingnya penyesuaian strategi dan instrumen pembelajaran pada konteks kelas virtual dan hybrid. Menurutnya, lembar penilaian harus dirancang sesuai karakteristik mode pembelajaran agar hasil evaluasi tetap objektif dan relevan.
“Kita perlu memperhatikan aspek penilaian dalam pembelajaran mikro, terutama ketika dilakukan secara virtual atau hybrid. Rubrik penilaian harus menyesuaikan pendekatan dan media yang digunakan,” jelas Prof. Saliman.
Dalam sesi diskusi, salah satu peserta, Fariz Setyawan, M.Pd., mengajukan pertanyaan terkait penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang telah ditetapkan oleh Direktorat PPG Kemendikdasmen. Pertanyaan ini menjadi bahasan penting mengenai fleksibilitas penerapan CPL dalam konteks pembelajaran mikro reflektif.
Kegiatan berlangsung interaktif dan produktif, menghasilkan berbagai rekomendasi untuk penyusunan panduan pembelajaran mikro reflektif yang efektif. Hasil pelatihan ini diharapkan dapat menjadi dokumen panduan resmi bagi dosen dan laboran dalam menerapkan pembelajaran mikro di lingkungan PPG UAD.