Implementasi Mata Kuliah Literasi Dasar di Sekolah Dasar

Literasi Dasar merupakan salah satu mata kuliah PPG Prajabatan tahun 2022. Tujuan mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu (1) menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana literasi dasar, (2) mengeksplorasi beragam strategi pengembangan keterampilan literasi, (3) menganalisis dan menyusun asesmen literasi, (4) mengeksplorasi dan mengembangkan lingkungan kaya literasi, dan (5) mengembangkan kecakapan literasi diri. 

Agar memudahkan mempelajari dan memahami materi secara sistematis, MK Literasi Dasar menggunakan sintaks MERDEKA (Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruang kolaborasi, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi antarmateri, dan Aksi nyata). Ikuti dan pelajarilah semua tahapan pembelajaran tersebut dengan keterlibatan aktif supaya Anda dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.Mata kuliah ini mempelajari 5 topik (1) mengenal konsep literasi di sekolah dasar, (2) strategi pengembangan keterampilan literasi, (3) asesmen literasi-akm, (4) asesmen literasi-akm, dan (5) pengembangan kecakapan literasi diri.

Hanum Hanifa Sukma, M.Pd. Dosen Pengampu MK Literasi Dasar kelas A PPG Prajabatan Gelombang 1 bidang PGSD menjelaskan ke-5 topik tersebut secara runtut dengan metode diskusi. Metode mengajar diskusi tentang implementasi literasi di tempat PPL membuat mahasiswa menjadi interaktif dan kreatif dalam mengembangkan literasi di sekolah PPL masing-masing. Mengingat materi literasi sangat penting dikuasai bagi calon pendidik sehingga mampu diimplementasikan di sekolah tempat mengajar.

Tim PPL di SD Muhammadiyah Karangwaru dengan anggota Annisa Prahasti, Febriyanti Umi Khabibah, Ninin Nun ‘Aini, Pujiman, dan Yuli Indah Sari mengimplementasikan literas dengan membuat program “Revitalisasi Perpustakaan”. Program ini bertujuan memperbaiki manajemen perpustakaan di SD Muhammadiyah Karangwaru dengan kegiatan sosialisasi, penambahan koleksi buku, dan reward bagi duta literasi. Reward bagi duta literasi upaya untuk mengembangkan minat baca peserta didik.

Program Literasi “Revitalisasi Perpustakaan” di SD Muhammadiyah Karangwaru (Dok. Tim PPL SDM Karangwaru)

Bukan hanya tim SD Muhammdiyah Karangwaru, tim PPL SD Muhammadiyah Sukonandi dengan anggota Alda Nadila, Anjani Daruning Pertiwi, Nur Azizah, Sekar Ayu Primadevi, dan Wulandari Setianingrum mengimplementasikan MK Literasi Dasar dengan program “Menumbuhkan Kreativitas dan Minat Literasi Peserta Didik Melalui Mading Kelas di SD Muhammadiyah Sukonandi 1 Yogyakarta”. Program ini sudah terlaksana dengan sukses sesuai dengan tujuannya yaitu mengembangkan literasi dan kreativitas peserta didik melalui mading.

Tim PPL SD Muhammadiyah Danunegaran, mengimplementasikan mata kuliah Literasi Dasar dengan kegiatan menulis cerita yang dilaksanakan setiap 1 minggu sekali pada hari Rabu. Hasil tulisan [eserta didik di pajang pada pohon literasi. Peserta didik membaca buku cerita lewat pojok baca atau menyaksikan video bersama Tim PPL PPG Prajabatan, selanjutnya setiap peserta didik saling bertukar informasi melalui pohon literasi. Tulisan ini dapat dibaca oleh peserta didik lain dan dapat membaca tulisan teman.

“Terimakasih kepada Ibu Hanum Hanifa Sukma, M.Pd. selaku dosen Literasi Dasar dan berharap ilmu yang sudah disampaikan dapat bermanfaat sebagai bekal kami untuk mengembangkan literasi di sekolah nantinya” ungkap Krisna Hadi selalui Penanggung Jawab Mata Kuliah Literasi Dasar sekaligus mewakili mahasiswa PPG Prajabatan PGSD A. Pertemuan kuliah terakhir diakhiri dengan pantun lucu oleh Pujiman salah satu mahasiswa kelas A,“Petir bukan sembarang petir, Petir menyambar rumah si mamat, Terima kasih bu Hanum yang sudah hadir, Semoga ilmunya bermanfaat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *