
Rabu (09/11/2022) Fatimah Nurjanah mahasiswa PPG UAD bidang Fisika melaksanakan kegiatan asistensi yang dilaksanakan di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Yogyakarta. Asistensi mengajar merupakan bagian dari Praktik Pengalamna Lapangan (PPL). Membantu guru mata pelajaran Fisika yang berlangsung selama 2 jp atau 100 menit. Asistensi kali ini materi yang diajarkan adalah Fluida Dinamis dengan sub materi penerapan asas Bernoulli.
Pendidik memberikan lembar kerja diskusi kepada setiap kelompok siswa yang terdiri dari 4–6 orang. Fatimah sebagai mahasiswa PPG membantu pendidik dalam pembagian LKPD kepada setiap kelompok. Selama diskusi berlangsung, Fatima mendampingi dan mengamati serta sesekali membantu siswa dalam meyelesaikan permasalah.

Dalam menyelesaiakan LKPD, siswa aktif mencari materi dari sumber belajar yang dimiliki termasuk akses internet. Selanjutnya setiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya. Pendidik kemudian memberikan umpan balik dan memberikan apresiasi atas presentasi iap kelompok. Aktivitas presentasi menjadi pengamatan untuk menilai keaktifan, sikap dan keterampilan dalam menyampaikan pendapat di depan umum.
Rencana tindak lanjut (RTL) dari kegiatan asistensi yaitu melakukan aktivitas belajar kelompok, praktikum dan diskusi. RTL dilakaukan dengan melakukan observasi terhadap siswa pada saat praktikum. Hasil observasi siswa aktif dan nyaman melakukan belajar secara berkelompok.

Hal lain sebagai catatan RTL adalah pembuatan kelompok di kelas dapat berlangsung secara mandiri oleh peserta didik dengan pembatasan jumlah anggota kelompok 5 siswa tiap kelompok. Agar penilaian sikap dan keterampilan dari setiap siswa dapat teramati dengan baik. Selain itu, pembagian tugas dalam menyelesaikan masalah dapat lebih merata antar individu.

Penulis : Fatimah Nurjanah Mahasiswa Prodi PPG FKIP UAD bidang Fisika