Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 2 2023 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Nur Puji Astiwi, S.Pd. melaksanakan praktik pembelajaran mandiri pada kegiatan PPL 2 di Kelas VIII A SMP Negeri 16 Yogyakarta pada Kamis (8/8/2024). Pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode experiential learning dengan berbantuan media interaktif canva. Metode experiential learning menjadi metode yang relevan dalam praktik menulis teks laporan hasil observasi, dengan berbantuan media interaktif canva sebagai bentuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran.
Nur Puji Astiwi mengungkapkan, metode experiential learning dengan melakukan pengamatan secara nyata pada lingkungan sekitar menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan karena berbeda dari pembelajaran seperti biasanya di mana pembelajaran ini dilakukan di luar ruang kelas seperti lapangan, taman, perpustakaan, dan lainnya, peserta didik dapat mengeksplor lebih luas dari pemahaman mereka. Peserta didik menciptakan karya tulis teks laporan hasil observasi dengan kreatif karena mereka mengobeservasi objek secara langsung. Pembelajaran berjalan kondusif dan penuh antusias dari peserta didik kelas VIII A.
Selain itu, adanya integrasi teknologi dengan media canva dapat meningkatkan fokus peserta didik dalam menerima dan memahami penguatan materi. Berdasarkan pre-test yang dilakukan sebelum pembelajaran diperoleh informasi bagaimana pengetahuan dan kemampuan awal peserta didik yang mana diperlukan strategi peningkatan hasil belajar. Oleh karena itu, pemilihan metode experiential learning dan media canva merupakan solusi yang tepat untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, berpusat pada peserta didik, serta mencapai tujuan pembelajaran dan hasil pembelajaran yang maksimal.
Penulis Kontributor: Nur Puji Astiwi, S.Pd.
Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023
Bidang Studi Bahasa Indonesia