838 Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori I Mengikuti Orientasi Akademik

Senin (18/07/2022) 838 mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori I mengikuti Orientasi akademik. Acara dihadiri Rektor UAD Dr. Muchlas, M.T, Kaprodi PPG Dr. Sri Hartini, M.Pd, Sekprodi PPG Agus Supriyanto, M.Pd dan Prof. Dr. Ir. Dwi Sulisworo M.T.

Dr. Muchlas, M.T dalam sambutannya menyampaikan guru milenial mendukung menuju guru profesional. Diakhir sambutannya Rektor UAD menyampaikan, “Jadikanlah orang-orang dekat sebagai motivator dalam menyelesaiakan program profesi guru”.

Pemateri inti Prof. Dr. Ir. Dwi Sulisworo M.T. mengharapkan guru memperoleh bekal dari sisi kompetensi dasar sebagai guru profesional dan pengetahuan serta ketrampilan khususnya pada aspek pedagogi. Memanfaatkan momentum atau kesempatan untuk menjalin komunikasi lebih maju progresif dengan nara sumber ataupun dosen melalui kesempatan yang besar sangat baik untuk mengembangkan diri. Agar lebih terdukung implementasi dan memberikan manfaat lebih untuk memajukann siswa.

Ketrampilan softskill dapat diperoleh dari berinteraksi dengan orang lain dalam berkomunikasi, ketrampilan bekerjasama dan menghargai karya orang lain serta menjadikan inspirasi untuk pengembangan diri.

Pembelajaran post-millenials dimana tingkat penetrasi penggunaan teknologi digital yang semakin tinggi dalam semua bidang berdampak pada perubahan perilaku dalam keseharian, dan juga berpengaruh dalam interaksi belajar mengajar.

Sulisworo menambahkan bahwa perubahan yang terjadi saat ini adalah isu penting IR 4.0 yang mendukung PBL atau PJBL ada 3 aspek 1). Big Data,;2) Artificial Intelligent;3) IoT, AR/VR.

Peserta didik bisa secara individu mencari sumber informas melalui big data. Peran sebagai pendidik memberikan kesempatan kepada peserta diidk untuk mencari informasi dari big data/cloudcomputing. Mesin yang dapat membantu manusia melakukan sesuatu. Penyelesaian masalah yang dirasakan secara global, pembelajaran menuju kearah sana.

Semoga guru-guru milenial dapat mengikuti perubahan dan perkembangan terknologi pembelajaran, sehingga dapat menjadi fasilitator bagi para siswa dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *